Cara Mengatasi HP Terkena Air




Ponsel adalah salah satu perangkat elektronik dimana perangkat elektronik memang sangat rentang mengalami kerusakan ketika kemasukan air. Ada sejumlah hal yang memicu terjadinya kerusakan pada ponsel, air adalah salah satu penyebab kerusakan yang benar-benar harus anda waspadai.

Air yang masuk ke ponsel anda akan mengakibatkan kerusakan pada bagian dalam ponsel dengan tingkat kerusakan yang sangat serius. Air tersebut bisa masuk ke komponen-komponen vital ponsel seperti halnya controll processing unit atau CPU. Jika ponsel anda mengalami gangguan/kerusakan pada komponen yang satu ini, maka tingkat kerusakan ponsel menjadi sangat serius.

Sebelum anda membawa ponsel ke tukang servis, ada baiknya anda melakukan upaya perbaikan sendiri terlebih dulu. Cara mengatasi hp kemasukan air yang akan saya  share pada kesempatan posting kali ini tidak membutuhkan skill apapun karena ia sangat sederhana sekali, bahkan anak kecil sekalipun dengan mudah mampu melakukannya. Namun demikian, dalam sejumlah kasus metode ini sudah terbukti mampu membuahkan hasil. Hp yang tadinya mati total akhirnya kembali bisa digunakan secara normal.

Jika anda menyadari hp anda kemasukan air :
  1. Lepas batrei ponsel (prioritas).supaya tidak terjadi konsleting.
  2. Jika anda punya obeng untuk membuka casing dan komponen dalam hp, bukalah casing hp anda beserta komponen-komponen kecil yang sudah dimasuki air.
  3. Gunakan hairdryer untuk mengeringkan air, bila tidak ada alat servis.
  4. Meski anda meyakini ponsel sudah dalam keadaan kering, biarkan dulu dan jangan keburu memasangkan batrei dan menghidupkan ponsel.
  5. Cas bateri anda menggunakan cas dekstop atau pinjam hp teman untuk charging (pastikan anda mengisi batrei sampai penuh).
  6. Selanjutnya, pasangkan batrei anda ke ponsel (dalam keadaan sangat kering).
  7. Hidupkan ponsel anda.

Note:
Jika hp masih tidak mau menyala, lepas kembali batreinya dan panaskan/jemur lagi hp anda. Lakukan rutinitas penjemuran sampai 3 hari dan jika hasilnya masih nihil barulah anda bawa hp tersebut ke servisan.

Cara diatas tidak selalu berhasil, namun anda bisa mencobanya karena berdasarkan beberapa percobaan metode diatas mampu menormalkan hp yang kemasukan air, dengan catatan komponen vital ponsel belum mengalami kerusakan yang parah akibat genangan air yang masuk.

No comments:

Post a Comment